Unknown

Telkomsel menawarkan kita tiga pilihan paket BB Telkomsel berdasarkan  pada kebutuhan user. Paket tersebut  antara lain: paket blackberry full service, paket blackberry lifestyle, dan paket blackberry bussines . Yukz kita bahas satu persatu paket blackberry telkomsel tersebut

Paket BB Telkomsel Full Service

Masa Aktif Harian Mingguan Bulanan
Tarif Rp 5.500 Rp 35.000 90.000
Cara Daftar bbhari[spasi]reg bbminggu[spasi]reg bb[spasi]reg
Paket BB telkomsel full servis ini meliputi semua layanan blackberry. Artinya semua fitur salam smartphone blackberry anda dapat kamu nikmati :

Cara Daftar / Aktifin / Aktivasi / Registrasi Paket BB Telkomsel Full service
HARIAN: ketik: bbhari[spasi]reg kirim ke 333
MIGGUAN: ketik: bbminggu[spasi]reg kirim ke 333
BULANAN: ketik: bb[spasi]reg kirim ke 333
atau akses
*363#
Paket blackberry telkomsel full service ini mendukung:
  1. Browser Blackberry
  2. Blackberry Mesengger (BBM)
  3. Chatting YM (Yahoo Mesengger), Google Talk, Windows Live `
  4. Social Networking (Facebook, Twitter, dan My Space)
  5. Push Email
  6. Dan aplikasi yang mendukung apn blackberry.net
Dan Paket Blackbeery full service ini tidak mendukung:
  1. Streaming video atau music

Paket BB Telkomsel Lifestyle ( Paket BBM )

Masa Aktif Harian Mingguan Bulanan
Tarif Rp  2.500 Rp 15.000 60.000
Cara Daftar bblifehari[spasi]reg bblifeminggu[spasi]reg bblifebulan[spasi]reg
Paket Blackberry telkomsel lifestyle ini hanya mendukung layanan chatting dan social networking saja yang identik dengan gaya hidup kebanyakan orang masa kini yang pengen terus berhubungan via chatting BBM –an tapi pengen tetep eksis dan narsis di social media :


Cara Daftar / Aktifin / Aktivasi / Registrasi Paket BB Telkomsel Lifestyle
HARIAN: ketik: bblifehari[spasi]reg kirim ke 333
MIGGUAN: ketik: bblifeminggu[spasi]reg kirim ke 333
BULANAN: ketik: bblifebulan[spasi]reg kirim ke 333
atau akses
*363#
paket blackberry lifestyle ini mendukung:
  1. Blackberry Mesengger (BBM)
  2. Chatting YM (Yahoo Mesengger), GTalk, Windows Live `
  3. Social Networking (Facebook, Twitter, dan My Space)
Dan Paket blackberry lifestyle ini tidak mendukung:
  1. Browser Blackberry
  2. Push email
  3. Streaming video dan musik

Paket Blackberry Telkomsel Bussines

Masa Aktif Harian Mingguan Bulanan
Tarif Rp  3.000 Rp 20.000 80.000
Cara Daftar bbbizhari[spasi]reg bbbizminggu[spasi]reg bbbizbulan[spasi]reg
Paket Blackberry telkomsel bussines ini mendukung layanan chatting dan push email saja, cocok buat kamu para yang hobi berkorespondensi via email ataupun email bissnis karena paket ini mendukung unlimited push mail yang sangat cocok buat kalangan bisnis :


Cara Daftar / Aktifin / Aktivasi / Registrasi Paket BB Telkomsel Bussines
HARIAN: ketik: bbbizzhari[spasi]reg kirim ke 333
MIGGUAN: ketik: bbbizzminggu[spasi]reg kirim ke 333
BULANAN: ketik: bbbizbulan[spasi]reg kirim ke 333
atau akses
*363#
Paket blackberry bussines ini mendukung:
  1. Unlimited Push Email
  2. Blackberry Mesengger (BBM)
  3. Chatting YM (Yahoo Mesengger), Google Talk, Windows Live
Paket blackberry bussines ini tidak mendukung:
  1. Browser Blackberry
  2. Social Networking (Facebook, Twitter, dan My Space)
  3. Streaming video atau music
#NOTE: Semua Format pendaftaran diatas kirim ke nomer 333
Bagaimana friends? Sudah bisa memilih paket yang akan kamu pakai? Sedikit tips dari saya untuk bagaimana memilih paket blackberry yang tepat adalah sesuai dengan kebutuhan kamu.
Sesering apa sih kamu browsing via browser blackberry. Atau kamu lebih sering BB-an sama pacar dan eksis di social media bersama teman taman. Buat kamu yang seorang eksekutif muda atau karyawan yang harus selalu terhubung dengan email maka push mail merupakan sebuah kwajiban bukan?
Jka kamu teliti maka kamu akan menemukan bahwa semua paket blackbeery telkomsel diatas tidak ada yang mendukung streaming video dan music. Alasan utamanya tentu adalah data yang dibutuhkan akan sangat besar untuk  layanan tersebut. Buat kamu yang hobi nonton video clip artis favorit di youtube atau yang demen streaming radio tentu mengecewakan bukan.
Tapi tenang telkomsel menyediakan paket khusus yang mendukung Streaming dan download video. Paket blackberry ini diberi nama paket BB extreme, klik disini untuk info selengkapnya : Paket Blackberry Extreme Telkomsel, Paket BB yang Bisa Streaming


http://paketblackberry.com/paket-blackberry-telkomsel/
Unknown


Paket BB yang ditawarkan  oleh indosat antara lain: Paket blackberry Full service, Paket Blackberry Mail&Chatting dan Paket Blackberry Gaul :

Paket Blackberry Indosat Full Service

Masa Aktif Harian Mingguan Bulanan
Tarif Rp  4.500 Rp 25.000 Rp 90.000
Cara Daftar / Aktifin / Aktivasi / Registrasi Paket BB Indosat Full service
HARIAN: ketik: HARIAN kirim ke 889
MIGGUAN: ketik: MINGGUAN kirim ke 889
BULANAN: ketik: BULANAN kirim ke 889
atau akses
*889*
Paket BB indosat ini bisa digunakan untuk:
  • Browsing lewat blackberry browser
  • BBM-an
  • Akses social media seperti facebook,twitter,myspace dll
  • Chatting YM,Gtalk,ICQ, MSN, AOL dll
  • Email
  • Akses aplikasi yang menggunakan apn blackberry.net
  • Wifi Enable
Sedangkan paket ini tidak bisa untuk:
  • Streaming music & video
  • Di jadikan modem

Paket Blackberry Indosat Mail & Chatting

Masa Aktif Harian Mingguan Bulanan
Tarif Rp 2.000 Rp 15.000 Rp 45.000
Cara Daftar / Aktifin / Aktivasi / Registrasi Paket BB Indosat MAIL & CHATTING
HARIAN: ketik: MAIL[spasi]HARIAN kirim ke 889
MIGGUAN: ketik: MAIL[spasi]MINGGUAN kirim ke 889
BULANAN: ketik: MAIL[spasi]BULANAN kirim ke 880
atau akses
*889*
Paket BB gaul Indosat ini bisa dipakai untuk:
  • Chatting YM,Gtalk,ICQ, MSN, AOL dll
  • BBM-an
  • Akses Push Mail
Sedangkan Paket INI tidak bisa untuk:
  • Streaming music & video
  • Di jadikan modem
  • Akses social media seperti facebook,twitter,myspace dll
  • Browsing internet

Paket Blackberry Indosat Gaul

Masa Aktif Harian Mingguan Bulanan
Tarif Rp  2.000 Rp 15.00 Rp 45.000
Cara Daftar / Aktifin / Aktivasi / Registrasi Paket BB Indosat GAUL
HARIAN: ketik: GAUL[spasi]HARIAN kirim ke 889
MIGGUAN: ketik: GAUL[spasi]MINGGUAN kirim ke 889
BULANAN: ketik: GAUL[spasi]BULANAN kirim ke 880
atau akses
*889*
Paket BB gaul Indosat ini bisa dipakai untuk:
  • Chatting YM,Gtalk,ICQ, MSN, AOL dll
  • BBM-an
  • Akses social media seperti facebook,twitter,myspace dll
Paket blackberry gaul ini tidak bisa untuk:
  • Browsing internet
  • Streaming video dan lagu
  • Akses Push Mail
  • Dijadikan Modem
Nah berikut ini adalah Cara Daftar Paket Blackberry Indosat
bagaimana kawan… cukup murah bukan paket blackberry  yang ditwarkan oleh Indosat. Silahkan dipilih sesuai kebutuhan saja jangan sampai mengambil paket yang salah ntar malah kecewa lagi . pertimbangkanlah antara keuangan dan kebutuhan kamu. :)


http://paketblackberry.com/paket-blackberry-indosat/
Unknown

Kaum Muslimin Indonesia hendaknya bersyukur pada Allah subhana wa ta’ala, pasalnya penjelasan MUI Pusat tentang Fatwa MUI Jatim yang mengatakan Syiah adalah Sesat dan Menyesatkan yang selama ini ditunggu-tunggu oleh masyarakat yang sudah lama kebingunan akhirnya keluar juga.
Dalam penjelasannya di Harian Republika pada hari ini (8/11/2012), Ketua MUI Pusat, KH. Ma’ruf Amin mengatakan, “Setelah melakukan serangkaian penelitian dan berkonsultasi dengan MUI Pusat, MUI Jatim mengukuhkan fatwa serupa. Mencermati hal itu, penulis menyimpulkan, bahwa Fatwa MUI Jawa Timur tentang Syiah sudah pada tempatnya dan sesuai aturan.”

KH. Ma’ruf Amin adalah ulama di MUI Pusat yang diberikan amanah oleh Dewan Pimpinan MUI Pusat untuk dapat berbicara atas nama MUI, selain beliau di jajaran ketua-ketua MUI Pusat tidak berhak mengeluarkan statement dan pernyataan tentang berbagai masalah atas nama MUI, seperti Umar Shihab yang selama ini banyak mengeluarkan pernyataan bahwa Syiah tidak sesat. Ini sesuai dengan rapat Dewan Pimpinan MUI Pusat hari Selasa, 9 shafar 1433 H/ 3 jan 2012. Agendanya membahas masalah syiah. Hasilnya antara lain sbb :
  1. Rapat memutuskan Umar Shihab (salah satu ketua MUI, bukan ketua umum!) bersalah karena menyatakan Syiah tidak sesat dengan mengatasnamakan institusi MUI. Yang berhak memberi statement adalah K.H. Ma’ruf Amin (selaku koordinator Ketua II MUI) atau yg ditunjuk oleh Rapim DP MUI.
  2. MUI tetap konsisten dengan Keputusan Rakernas MUI tgl 7 Maret 1984 tentang faham Syiah (yang berbeda dengan ahlussunnah dan wajib diwaspadai).
Sebelumnya, MUI Pusat  juga mengukuhkan dan mendukung Fatwa MUI Sampang tentang kesesatan Syiah, beliau mengatakan, “Berdasarkan bukti-bukti lapangan, akhirnya MUI Sampang menetapkan bahwa ajaran Syiah yang diajarkan Tajul Muluk adalah menyimpang dan ditetapkanlah fatwa sesat terhadap ajaran tersebut. Dalam kajian MUI Pusat, fatwa MUI Sampang tersebut sudah memenuhi aturan dalam menetapkan sebuah fatwa, sebagaimana diatur dalam internal MUI. Fatwa tersebut juga telah memenuhi aspek sistematika, yakni melakukan studi lapangan, studi kitab-kitab rujukan, merujuk fatwa MUI tahun 1984, dan menggunakan tool kriteria aliran menyimpang, sebagaimana hasil keputusan Rakernas MUI tahun 2007.”

MUI Daerah Punya Wewenang

Banyak di antara orang-orang Syiah atau yang pro ke Syiah menanggapi Fatwa MUI Jatim bahwa itu hanyalah Fatwa untuk daerah Jawa timur saja yang bersifat lokal, maka MUI Pusat melalui KH. Ma’ruf Amin menjawab, “MUI Juga mempunyai enam aturan khusus terkait dengan kewenangan dan wilayah fatwa ini. Dalam aturan itu jelas bahwa MUI (MUI Daerah-red) juga punya kewenangan menetapkan fatwa sepanjang hal itu belum difatwakan MUI Pusat. Dan. fatwa MUI Daerah itu juga hendaknya telah dikonsultasikan dengan MUI Pusat.”

Fatwa MUI Pusat tidak dapat membatalkan Fatwa MUI Daerah

Dalam penjelasannya, beliau mengatakan, “Apakah fatwa MUI daerah bisa direvisi atau dibatalkan? Pada hakikatnya, fatwa MUI merupakan hasil ijtihad jama’i (ijtihad kolektif) yang dilakukan oleh para pengurus MUI, baik pusat atau daerah, khususnya yang ada di komisi fatwa. Sebagai hasil ijtihad, fatwa tidak bisa dibatalkan, dianulir, atau direvisi sesuai kaidah al-ijtihadu la yanqudhu bil-ijtihadi. Hasil ijtihad pun tidak bisa dibatalkan oleh ijtihad lainnya.” 

http://nahimunkar.com/mui-pusat-mensahkan-dan-mendukung-fatwa-mui-jatim-tentang-kesesatan-syiah/
Label: 0 komentar | edit post
Unknown

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhRVUs0r5-lvuNyM8LEO273yjI8DH3eSeUZ6d141sUki-2QVhWcXlOIpCoC-qBY0NBTvtwmq5pUr7tB8wVusmyClYEQGTbQ3_U6C_qfZ8buwaGXPtNFMqWG-9O0m1n4K1u7ACi0mOGFtk9H/s1600/mm.jpg
Pertanyaan:
Mohon penjelasan riwayat shalat tasbih yang tercantum dalam kitab I’anatuth Thalibin, hal. 259 dan dalam kitab Nihayatuz Zain, hal. 115

Jawaban:
Tentang shalat tasbih yang ditanyakan, nash haditsnya adalah sebagai berikut,
عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَـلَّمَ قَالَ لِلْعَبَّاسِ بْنِ عَبْدِ المُطَّلِبِ يَا عَبَّاسُ يَا عَمَّاهُ أَلاَ أُعطِيْكُ أَلاَ أَمْنَحُكَ أَلاَ أَحَبُوِكَ أَلاَ أَفَعَلُ بِـكَ عَشْرَ خِصَالٍ إِذَا أَنْتَ فَعَلْـتَ ذَلِكَ غَفَرَ اللهُ لَكَ ذَنْبَكَ أَوْلَهُ وَآخِرَهُ قَدِيمـَهُ وَحَدِيْثَهُ خَطَأَهُ وَعَمْدَهُ صَغِيْرَهُ وَكَبِـيْرَهُ سِـرَّهُ وَعَلاَنِيَـتَهُ عَشْرَ خِصَالٍ أَنْ تُصَلِّيَ أَرْبـَعَ رَكَعَاتٍ تَكْرَأُ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ فَاتِحَةَ الكِتَابِ وَسُورَةً فَإِذَا فَرَغْتَ مِنْ الْقِرَائَةِ فِي أَوَّلِ رَكْعَةٍ وَأَنْتَ قَائِمٌ قُلْتَ سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُلِ لِلَّهِ وَلاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ خَمْسَ عَشْرَةَ مَرَّةً ثُمَّ تَرْكَعُ فَتَقُولُهَا وَأَنْتَ رَاكِعٌ عَشْرًا ثُمَّ تَرْفَعُ رَأْسَكَ مِنْ الرُّكُوعِ فَتَقُولُهَا عَشْرًا ثُمَّ تَهْوِي سَـاجِدًا فَتَقُولُهَا وَأَنْتَ سَـاجِدٌ عَشْرًا ثُمَّ تَرْفَعُ رَأْسَكَ مِنْ السُّجُودِ فَتَقُولُهَا عَشْرًا ثُمَّ تَسْـجُدُ فَتَقُولُهَا ثُمَّ تَرْفَعُ رَأْسَكَ فَتَقُولُهَا عَشْرًا فَذَلِكَ خَمْسٌ وَسَبْعُونَ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ تَفْعَلُ ذَلِكَ فِي أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ إِنْ اسْتَطَعْتَ أَنْ بُصَلِّيَهَا فِي كُلِّ يَوْمٍ مَرَّةً فَافْعَلْ فَإِنْ لَمْ تَفْعَلْ فَفِي كُلِّ جُمُعَةٍ مَرَّةً فَإِنْ لَمْ تَفْعَلُ فَفِي كُلِّ شَهْرٍ مَرَّةً فَإِنْ لَمْ تَفْعَلْ فَفِي كُلِّ سَـنَةٍ مَرَّةً فَإِنْ لَمْ تَفْعَلْ فَفِي عُمُركَ مَرَّةً
Dari Ibnu Abbas, bahwa Rasulullah bersabda kepada Abbas bin Abdul Muththalib, “Hai Abbas, hai pamanku, maukah engkau aku beri? Maukah engkau aku kasih? Maukah engkau aku beri hadiah? Maukah engkau aku ajari sepuluh sifat (pekerti)? Jika engkau melakukannya, Allah mengampuni dosamu: dosa yang awal dan yang akhir, dosa yang lama dan yang baru, dosa yang tidak disengaja dan yang disengaja, dosa yang kecil dan yang besar, dosa yang rahasia dan terang-terangan, sepuluh macam (dosa). Engkau shalat empat rakaat. Pada setiap rakaat engkau membaca al-Fatihah dan satu surat (al-Quran). Jika engkau telah selesai membaca (surat) pada awal rakaat, sementara engkau masih berdiri, engkau membaca, ‘Subhanallah, walhamdulillah, walaa ilaaha illa Allah, wallahu akbar’ sebanyak 15 kali. Kemudian ruku’, maka engkau ucapkan (dzikir) itu sebanyak 10 kali. Kemudian engkau angkat kepalamu dari ruku’, lalu ucapkan (dzikir) itu sebanyak 10 kali. Kemudian engkau turun sujud, ketika sujud engkau ucapkan (dzikir) itu sebanyak 10 kali. Kemudian engkau angkat kepalamu dari sujud, maka engkau ucapkan (dzikir) itu sebanyak 10 kali. Kemudian engkau bersujud, lalu ucapkan (dzikir) itu sebanyak 10 kali. Kemudian engkau angkat kepalamu, maka engkau ucapkan (dzikir) itu sebanyak 10 kali. Maka itulah 75 (dzikir) pada setiap satu rakaat. Engkau lakukan itu dalam empat rakaat. Jika engkau mampu melakukan (shalat) itu setiap hari sekali, maka lakukanlah! Jika engkau tidak melakukannya, maka (lakukan) setiap bulan sekali! Jika tidak, maka (lakukan) setiap tahun sekali! Jika engkau tidak melakukannya, maka (lakukan) sekali dalam umurmu.

Takhrij Hadits
            Hadits riwayat Abu Dawud 1297; Ibnu Majah, 1387; Ibnu Khuzaimah, 1216; al-Hakim dalam Mustadrak, 1233; Baihaqi dalam Sunan Kubra, 3/51-52, dan lainnya dari jalan Abdurrahman bin Bisyr bin Hakam, dari Abu Syu’aib Musa bin Abdul Aziz, dari Hakam bin Abban, dari Ikrimah, dari Ibnu Abbas. Sanad ini berderajat hasan.
            Hadits ini juga memiliki banyak jalan yang menguatkan, sehingga sangat banyak ulama Ahli Hadits yang menguatkannya. Dalam riwayat lain disebutkan,
عَنْ أَبِي الْجَوْزَاءِ قَالَ حَدَّثَنِي رَجُل كَانَتْ لَهُ صُحْبَةٌ يَرَوْنَ أَنَّهُ عَنَّهُ عَبْدُ اللهِ بْنُ عَمْرٍو قَالَ قَالَ لِي النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ائْتِنِي غَدًا اَحءبُوكَ وَأُثِـيْبُكَ وَأَعْطِيْكَ حَتَّى ظَنَنءتُ أَنَّهُ يُعْطِينِي عَطِيَّة قَالَ إِذَا زَالَ النَّهَارُ فَقثمْ فَصَلّ أَرْبَـعَ رَكَعَاتٍ فَذَكَرَ نَحَوَهُ قَالَ ثُمَّ تَرْفَعُ رَأْسَـكَ يَعْنِي مِنْ السَّجْدَةِ الثَّالِيَةِ فَاسْتَوِ جَالِسًا وَلاَ تَقثمْ حَتَّى تُسَبِّحَ عَشْرًا وَتَحْمَدَ عَشْرًا وَتُكَبِّرَ عَشْرًا وَتُهَلِّلَ عَشْرًا ثُمَّ تَصْنَعَ ذَلِكَ فِي الأَرْبَعِ الرَّكَعَاتِ قَالَ فَإِنَّكَ لَوْكُنْتَ أَعُظَمُ أَهْلِ الْـأَرْضِ ذَنْبًا غُفِرَ لَكَ بِذَلِكَ قُلْتُ فَإِنْ لَمْ أَسْتَطِعْ أَنْ أُصَلِّيَهَا تِلْكَ الـسَّـاعَةَ قَالَ صَلِّهَا مِنْ اللَّيْـلِ وَالنَّهَار
Dari Abul Jauza’, dia berkata, ‘Telah bercerita kepadaku seorang laki-laki yang termasuk sahabat Nabi. Orang-orang berpendapat, dia adalah Abdullah bin Amr, dia berkata, ‘Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepadaku, ‘Datanglah kepadaku besok pagi. Aku akan memberimu hadiah, aku akan memberimu kebaikan, aku akan memberimu.’ Sehingga aku menyangka, bahwa beliau akan memberiku suatu pemberian. Beliau bersabda, ‘Jika siang telah hilang, berdirilah, kemudian shalatlah empat rakaat’ (Kemudian dia menyebutkan seperti hadits di atas) Beliau bersabda, ‘Kemudian engkau angkat kepalamu –yaitu dari sujud kedua-, lalu duduklah dengan sempurna, dan janganlah kamu berdiri sampai engkau bertasbih sepuluh kali, bertahmid sepuluh kali, bertakbir sepuluh kali, dan bertahlil sepuluh kali. Kemudian engkau lakukan itu dalam empat rakaat. Sesungguhnya, jika engkau adalah penduduk bumi yang paling besar dosanya, engkau diampuni dengan sabab itu.’ Aku (sahabat itu) berkata, ‘Jika aku tidak mampu melakukannya pada saat itu?’ Beliau menjawab, ‘Shalatlah di waktu malam dan siang.’” (HR. Abu Dawud, no. 1298).
            Juga diriwayatkan Thabarani dan Ibnu Majah, no. 1386, pada akhir hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
فَلَوْ كَانَتْ ذُنُوْبُكَ مِثْلَ رَمْلِ عَالِجٍ غَفَرَهَا اللهُ لَكَ
Seandainya dosa-dosamu semisal buih lautan atau pasir yang bertumpuk-tumpuk, Allah mengampunimu.” (Dishahihlan al-Albani dalam Shahih at-Targhib Wat Tarhib, 1/282).

Ulama yang Melemahkan Hadits Shalat Tasbih
      Sebagian ulama melemahkan hadits shalat tasbih. Di bawah ini di antara ulama yang melemahkan tersebut:
  1. Ketika mengomentari hadits shalat tasbih yang diriwayatkan Imam Tirmidzi, Abu Bakar Ibnul A’rabi berkata, “Hadits Abu Rafi’ ini dha’if, tidak memiliki asal di dalam (hadits) yang shahih dan yang hasan. Imam Tirmidzi menyebutkannya hanyalah untuk memberitahukannya agar orang tidak terpedaya dengannya.” (Tuhfzatul Ahwadzi Syarh Tirmidzi, al-Adzkar karya an-Nawawi, hal. 168).
  2. Abul Faraj Ibnul Jauzi rahimahullah menyebutkan hadits-hadits shalat tasbih dan jalan-jalannya, di dalam kitab beliau al-Maudhu’at, kemudian men-dha’if-kan semuanya dan menjelaskan kelemahannya.
  3. Imam adz-Dzahabi rahimahullah menganggapnya termasuk hadits munkar (Mizanul I’tidal, 4/213. Dinukil dari Mukhtashar Minhajul Qashidin, hal. 32, tahqiq Syaikh Abdullah al-Laitsi al-Anshari).

Ulama yang Menguatkan
       Namun, sejumlah ulama besar Ahli Hadits telah menguatkan menshahihkan hadits shalat tasbih, di antaranya:
  1. Ar-Ruyani rahimahullah berkata dalam kitab al-Bahr, di akhir kitab al-Janaiz, “Ketahuilah, bahwa shalat tasbih dianjurkan, disukai untuk dilakukan dengan rutin setiap waktu, dan janganlah seseorang lalai darinya.”
  2. Ibnul Mubarak. Beliau ditanya, “Jika seseorang lupa dalam shalat tasbih, apakah dia bertasbih dalam dua sujud sahwi 10, 10 (sepuluh, sepuluh)?” Beliau menjawab, “Tidak, Shalat tasbih itu hanyalah 300 (tiga ratus) tasbih.” Dalam riwayat ini, Ibnul Mubarak tidak mengingkari shalat tasbih, yang menunjukkan bila beliau membenarkannya (Al-Adzkar, hal. 169). Imam Tirmidzi rahimahullah berkata, “Ibnul Mubarak dan banyak ulama berpendapat (disyariatkannya) shalat tasbih dan mereka menyebutkan kautamaannya.” (Al-Adzkar, hal. 167).
  3. Al-Hafizh al-Mundziri (wafat 656 H) berkata, “Hadits ini telah diriwayatkan dari banyak sahabat Nabi, dan yang paling baik ialah hadits Ikrimah ini. Dan telah dishahihkan oleh sekelompok ulama, di antaranya al-Hafizh Abu Bakar al-Aajuri, Syaikh kami al-Hafizh Abul Hasan al-Maqdisi, semoga Allah merahmati mereka. Abu Bakar bin Abu Dawud berkata, “Aku mendengar bapakku berkata, ‘Tidak ada hadits shahih dalam shalat tasbih, kecuali ini’.” Muslim bin al-Hajjaj berkata, “Tidaklah diriwayatkan di dalam hadits ini sanad yang lebih baik dari ini (yakni isnad hadits Ikrimah dari Ibnu Abbas).” (Shahih at-Targhib wat Targhib, 1/281, karya al-Mundziri, tahqiq al-Albani).
  4. Imam Nawawi rahimahullah (wafat 676 H), beliau membuat satu bab, Bab: Dzikir-dzikir Shalat Tasbih, di dalam kitabnya al-Adzkar, hal. 166. Beliau juga menyebutkan perselisihan para ulama tentang hadits-hadits shalat tasbih, dan beliau termasuk ulama yang menyatakan disyariatkannya shalat tasbih.
  5. Imam Ibnu Qudamah rahimahullah (wafat 689 H) berkata, “Disukai untuk melakukan shalat tasbih.” (Mukhtashar Minhajul Qashidin, hal. 47, tahqiq: Syaikh Ali bin Hasan).
  6. Syaikh as-Sindi (wafat 1138 H) berkata, “Hadits ini (shalat tasbih) telah dibicarakan oleh huffazh (para ulama ahli hadits). Yang benar, bahwa hadits ini hadits tsabit (kuat). Sepantasnya orang-orang mengamalkannya. Orang-orang telah menyebutkannya panjang lebar, dan aku telah menyebutkan sebagian darinya dalam catatan pinggir kitab (Sunan) Abu Dawud dan catatan pinggir kitab al-Adzkar karya an-Nawawi.” (Ta’liq dalam Sunan Ibnu Majah, 1/442).
  7. Syaikh al-Albani rahimahullah menshahihkan hadits shalat tasbih ini dalam kitab Shahih at-Targhib Wat Targhib, 1/281.
  8. Syaikh Ali bin Hasan al-Halabi al-Atsari berkata mengomentari perkataan Ibnu Qudamah di atas, “Banyak ulama telah menshahihkan isnad hadits shalat tasbih, dan lihatlah (kitab al-Atsar al-Marfu’ah Fil Akhbar al-Maudhu’ah, hal. 123-143, karya al-Laknawi rahimahullah. Beliau telah mengumpulkan hal itu dengan sangat banyak.” (Catatan kaki Mukhtashar Minhajul Qashidin, hal. 47, tahqiq: Syaikh Ali bin Hasan).
  9. Syaikh Salim al-Hilali menshahihkan hadits shalat tasbih dalam kitab beliau Mukaffiratudz Dzunub.
  10. Syaikh Abu Ashim Abdullah ‘Athaullah berkata, “Riwayat Abu Dawud; Timidzi; Ibnu Majah; Abdur Razzaq di dalam al-Mushannaf; al-Baihaqi dalam as-Sunan; dan al-Hakim di dalam al-Mustadrak; (derajat hadits) shahih li ghairihi.” (I’lamul Baraya Bi Mukaffiratil Khathaya., hal. 40, taqdim: Syaikh Mushthafa al-Adawi).
  11. Selain para ulama di atas, yang juga termasuk menshahihkan hadits shalat tasbih ini ialah Imam Daruquthni, Ibnu Mandah, al-Khathib al-Baghdadi, Ibnu shalah, Ibnu Hajar al-Asqalani, as-Suyuthi, Syaikh Ahmad Syakir, dan lainnya.

Kesimpulan
  1. Derajat hadits shalat tasbih adalah shahih li ghairihi, sehingga dapat diamalkan. Adapun para ulama men-dha’if-kannya atau menyatakan bahwa hadits shalat tasbih adalah palsu, karena tidak mendapatkan hadits yang kuat sanadnya. Tetapi, hal ini bukan berarti seluruh sanad hadits shalat tasbih tidak shahih. Karena sebagiannya yang berderajat hasan, kemudian dikuatkan jalan lainnya, sehingga meningkat menjadi shahih li ghairihi. Wallahu a’lam.
  2. Shalat tasbih hukumnya sunnah, bukan wajib sebagaimana anggapan sebagian orang.
  3. Cara shalat tasbih sebagaimana hadits di atas.
  4. Shalat tasbih dilakukan 4 rakaat dengan satu salam, sesuai dengan zhahir hadits. Ada juga sebagian ulama yang menyatakan dengan dua salam. Wallahu a’lam.
  5. Waktunya boleh siang ataupun malam.

Bid’ah Seputar Shalat Tasbih
         Syaikh Salim al-Hilali dalam kitab beliau Mukaffiratudz Dzunub, menyebutkan tiga bid’ah berkaitan dengan shalat tasbih ini, yaitu:
  1. Mengkhususkan pada bulan Ramadhan, atau mengkhususkannya pada tanggal 27 Ramadhan.
  2. Melakukan secara berjama’ah.
  3. Melakukan sehari lebih dari sekali. (Selain bid’ah di atas, ada juga bid’ah lainnya, seperti:)
  4. Sebagian kaum muslimin ada yang melakukan setiap selapan (istilah Jawa, yaitu 35 hari) sekali.

Tambahan
         Apa yang disebutkan dalam kitab Nihayatuz Zain, hal. 115, bahwa surat yang paling utama dibaca dalam shalat tasbih adalah permulaan surat al-Hadid, al-Hasyr, ash-Shaf, dan ath-Thaghabun. Jika tidak, maka surat al-Zalzalah, al-‘Adiyat, al-Haakum, dan al-Ikhlas, maka kami tidak mengetahui dalil yang jelas tentang hal ini. Wallahu a’lam.

         Demikian juga apa yang dinukil di dalam I’anathuth Thalibin, hal. 259 dari perkataan Imam Suyuthi, bahwa surat yang dibaca adalah al-Haakum, al-‘Ashr, al-Kafirun dan al-Ikhlas, kami tidak mengetahui  dalil yang jelas tentang hal ini. Sedangkan di dalam hadits di atas, Rasulullah tidaklah mengkhususkan dengan surat tertentu. Demikianlah penjelasan kami, semoga bermanfaat. Wallahu a’lam.

Sumber: Majalah As-Sunnah, Edisi 11 Tahun VII, 1424 H – 2003 M
Dipublikasikan dengan pengubahan tata bahasa seperlunya oleh redaksi www.konsultasiSyariat.com

Unknown

Hari demi hari terlewati dengan berbagai nikmat yang Allaah swt berikan ..
banyak sesuatu hal yang awalnya sepele ternyata sesuatu hal tersebut sangat penting untuk kita ketahui .. :-) 

Yeaah,, sesuatu hal yang awalnya kita sangka itu kebutuhan,, ternyata setelah kita dapatkan hanya terasa ini just keinginan semata.. #YaSsalaam 
sesuatu yang menjadi kebutuhan ternyata sangat memiliki efek positif untuk kehidupan kita ,, 

kita menjadi lega, bahagia, nyaman, tentram, senang atau bahkan kita akan menjadi lebih bersyukur dari apa yang kita dapatkan,, :-) 
Coba kalau kebutuhan tidak bisa kita penuhi ?? kira2 apa yang akan terjadi ? #Nyengiiiir ^___^ hehe

kata temen ada yang bilang "kalau kebutuhan gk bisa terpenuhi moddaar gue.." #haha *nyesek duang kalii yaa,, gk pake noddar* :-P Ada juga yang bilang "Kebutuhan itu number one,, yang lain nanti2 ajja deeh,," Dengan PD bilang begitu padahal belum bayar kosan or bayaran kuliah,, pas ketemu di Mall,, masya Allaah shopping beli ini dan itu,, *waaah,, kayanya nih orang belum bisa bedain mana yang jadi kebutuhan n keinginan* 
Sebenarnya kebutuhan kita di dunia ini banyaaak banget,, :-) 

Kita butuh makan #KalauLaper :-D Kita butuh minum juga #KalauHaus,, Nahloh, lagi puasa ngomonginnya makan n minum :-D
Kita butuh istirahat, butuh uang untuk kebutuhan pokok, DLS *Dan Lain Seterusnya* 

Nah, disini yang sya mau bahas, bukan kebutuhan perindividu.. :-) tapi kebutuhan menyeluruh.. 
kalau individu kan kebutuhannya beda - beda .. :-) jadi bisalaah di pilah pilih sendiri.. heehehe

Awalnya gak kefikiran kenapa mau nulis tentang Kebutuhan n Keinginan.. berhubung banyak sesuatu hal yang sya temukan di sinii.. #Dumay.. jadi mikir tentang kebutuhan n keinginan.. :-D

NetSos,, 
jujur ajjaa,, sya punya banyak NetSos di Dumay .. 
berawal dari FS, next FB, next Twit, next NetLog, next FaceLim, next IGoogle, next Blog :-D
setelah menelusuri banyaknya netsos,, 
Today .. sya baru mikir,, ternyata just wasting time kalau cuma buat update stat yang gak bermutu,, yang gak punya bobot pahala dan sama sekali gak penting untuk di update kan :-)

Kalau mau update foto2 siih buat ane no problem :-D asal jangan foto orang asli ajja.. 
gpp nge-share foto makanan n ngasih tau cara bikinnya gimana,, ngasih tau harganya berapa,, ngasih tau juga belinya dimana.. itu sih gpp.. itung-itung kan buat refrensi weekend #hehehe
laah kalau updatenya foto asli dengan gaya yang macam - macam .. itu buat apa ? ? ? #Keppoo .. :-D
Kira - kira bakalan ngasih manfaat gak buat orang ? #Mikir,, Atau malah ngasih bencana buat orang ? #Nahloh.. 

Sya siih gak memojokkan yaa.. sya juga menyadari kalau wanita itu sukanya dipuji .. :-) iyaa kan?? *Udah ngaku ajja..* hehe,, Hati - hati looh,, sering mendapat pujian, sering juga di uji iman'a .. 
Yakin bisa terbebas dari banyaknya penyakit hati ? ? #hehe kalau YAKIN .. yasudah,, itu hak teman .. :-) tapi kalau GAK YAKIN .. welcome untuk perubahan baik bagi hati teman .. ^_^

Singkatnya .. Begini .. 
Kita memang butuh netsos buat Jualan, buat Saling Menasehati, buat Memberikan tambahan 'ilmu kepada semua orang. 
Kalau kita cuma pingin netsos untuk banyak2an yang nge-like, banyak2an yang coment, banyak2an yang kenal dengan kita (tenar), banyak2an yang ngasih pujian .. #Hmmp Lebih baik gak usah punya netsos.. karna itu bisa menjerumuskan teman kepada dosa,, :-) 

"Aaaah,, orang yang nasehatin kaya gini mah cuma IRI ajjaa gak ada yang nge-like or comment or gak ada yang muji.." #NahLoh.. kalau ada yang bilang kaya gini.. sya cuma bisa ngelus dada :-D 
sya cuma bisa ucapkan,, "Yasudah,, pilihan itu ada di fikiran dan hati anda,, :-) toh Panas'a neraka kan masing - masing kulit yang merasakan.."

Jadi, sekarang sudah tau kan ? 
Perbedaan kebutuhan dan keinginan kita di netsos ? 
kalau belum faham, coba di fikirkan *Renungkan lagi .. :-)

#Semoga_Bermanfaat

PerpustakaanSarahLayaShafura. Diberdayakan oleh Blogger.