Unknown
Pernahkah anda merasa hidup ini susah dan tidak adil serta penuh dengan masalah? Kalau pernah, berarti sama dengan apa yang saya rasakan. Saya juga terkadang merasakan hidup yang susah dan penuh masalah. Dalam hidup saya menemui banyak masalah, walaupun belum tentu lebih banyak daripada anda. Bahkan sebelum satu masalah bisa saya selesaikan, sudah muncul masalah lain yang lebih besar.
Beberapa kali saya membaca atau mendengar nasehat orang lain agar kita bersyukur atas apa yang telah kita peroleh saat ini. Kita harus semangat dan menghadapi masalah dengan tegar. Beberapa tulisan tentang motivasi juga pernah saya baca, semua tulisan tersebut memang sangat memotivasi saya pada saat itu.
Sayangnya, kesadaran itu hanya bertahan sesaat. Ketika masalah lain hadir, tidak ada waktu untuk memikirkan semua nasehat dan tulisan-tulisan itu. Yang ada adalah saya harus menghadapi masalah dan memikirkan jalan keluar terbaik untuk setiap masalah tersebut. Tidak jarang pula masalah itu tidak memberi saya waktu yang cukup untuk mencari jalan keluar.
Jalan keluar terbaik belum tentu adalah jalan keluar yang baik, terkadang jalan itu adalah jalan keluar diantara sekian jalan keluar yang tidak baik. Bahkan terkadang jalan keluar yang tanpa pilihan tetapi harus dipilih.
Berulang seperti itu, masalah datang silih berganti bahkan kadang datang bersamaan. Hidup memang tidak pernah lepas dari masalah. Jadi mau tidak mau kita harus bersahabat dengan masalah. Masalah dalam hidup membuat kita terbiasa dengannya. Jadi ketika suatu saat masalah lain datang, kita tidak kaget lagi.
Dan mungkin hal terpenting yang perlu diingat adalah dalam setiap masalah, pasti selalu ada hikmah yang bisa diambil, belajar dari pengalaman. Walaupun tidak berhasil menghadapi masalah dengan baik, setidaknya kita sudah berusaha. Seperti pepatah “keledai pun tak akan pernah jatuh ke lubang yang sama”. Jadi setidaknya kita berusaha lebih baik dari keledai.
Terima kasih masalah, kau telah mengajarkanku untuk menjadi lebih baik…^_^
Label: edit post
0 Responses

Posting Komentar

PerpustakaanSarahLayaShafura. Diberdayakan oleh Blogger.