Unknown




          Air adalah sumber kehidupan manusia. Allah SWT menegaskan dalam firman-Nya, “Dan dari air kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tidak juga beriman?” (QS. Al-anbiyah: 30). Allah sudah menegaskan bahwa kehidupan ini berasal dari air, air juga yang menjadi kebutuhan dasar kehidupan manusia.
          Air merupakan komponen kedua paling penting untuk manusia setelah oksigen. Manusia akan dapat bertahan hidup dalam beberapa waktu walaupun tanpa asupan makanan, tapi tidak akan bisa hidup tanpa oksigen dan air. Setiap hari, dianjurkan untuk mengonsumsi sekitar 2 hingga 3 liter air putih, tergantung dari kebutuhan tubuh sehari-hari. Apabila kebutuhan air putih tidak dipenuhi, kemungkinan besar tubuh akan mengalami dehidrasi.
          Dehidrasi ringan yang terjadi jika penurunan cairan adalah 1-2 persen dari berat badan. Dehidrasi ringan ditandai dengan mulut yang kering, mata mengering, otot-otot tubuh melemah, sakit kepala, pusing, dan terasa berputar saat menatap cahaya. Tanda-tanda ini juga bisa dilihat dari volume dan warna air urine (air kencing), makin sedikit urine yang dihasilkan dan makin pekat (kuning) warna urine dehidrasi yang dialami seseorang berarti semakin parah. Dehidrasi sedang yang terjadi jika penurunan cairan tubuh adalah 5-10 persen dari berat badan. Dehidrasi berat (kronis) terjadi ketika penurunan cairan tubuh adalah 10 persen atau lebih dari berat badan.
          Dehidrasi yang harus kita waspadai adalah dehidrasi berat karena implikasi dari dehidrasi ini yaitu kematian. Tanda-tanda dehidrasi berat ditandai dengan rasa haus yang sangat, rasa kantuk yang berat, bingung, tidak berkeringat, kulit menjadi sakit, dan kering. Gejala yang perlu kita cermati adalah ketika tubuh mengigil, mata menjadi cekung, tekanan darah menjadi rendah, denyut nadi cepat dan sampai pada hilangnya kesadaran.
          Air memiliki sifat penting sebagai pelarut sisa-sisa hasil metabolisme tubuh yang berlebihan, seperti sodium serta potasium. Air bekerja secara optimal sebagai penjaga kelembapan alami kulit serta berperan penting dalam membawa berbagai nutrisi serta oksigen dalam darah untuk didistribusikan ke seluruh organ. Air juga sangat membantu sistem pencernaan dalam usus serta mencegah terjadinya sembelit. Selain itu, air juga berfungsi secara maksimal dalam menjaga pelumas pada bantalan sendi dan tulang. Semua fungsi yang dimiliki air, terlihat betapa air merupakan anugerah Allah SWT yang sangat berharga dan penting untuk kebutuhan manusia.

By: Santika Nadia Wati (Mahasiswi UHAMKA)
0 Responses

Posting Komentar

PerpustakaanSarahLayaShafura. Diberdayakan oleh Blogger.